Selasa, 14 Mei 2013

Word Processing

Word Processing alias pengolahan kata merupakan sebuah proses penambahan teks pada sebuah word processing unit seperti sebuah komputer atau mesin tik (typewriter). Kata-kata yang diketik disimpan pada komputer atau pada aplikasi word processor secara sementara untuk memungkinkan proses editing sebelum pembuatan dokumen fisik (hard copy).

Istilah “word processing” merupakan sebuah istilah yang cukup umum, sehingga dapat mengacu pada beberapa jenis penulisan tanpa penggunaan ballpoint dan kertas. Mesin tik sebagai contohnya, memproses kata secara langsung pada sebuah kertas tanpa menyimpan data, sementara komputer menggunakan program khusus untuk menyimpan data yang diketik sebelum mencetaknya.
Mesin tik modifikasi telah umum digunakan sebelumnya untuk melakukan word processing. Mesin tik tersebut dapat menyimpan data (biasanya dengan menggunakan chip komputer), sebelum mencetaknya menjadi sebuah halaman dokumen. Orang yang menggunakan word processor dapat memeriksa hasil tulisan dari adanya kesalahan ketika sebelum mereka mencetaknya menjadi dokumen final.
Ketika komputer telah menjadi umum digunakan, baik di tempat kerja maupun di rumah, perangkat word processor menjadi usang alias ketinggalan zaman. Walau begitu, terdapat beberapa model yang masih digunakan untuk berbagai macam tujuan, termasuk sebagai sarana edukasi pelajar atau siswa dengan kebutuhan khusus.
Komputer telah mengambil alih tugas pengolahan kata (word processing). Komputer menghadirkan berbagai macam fitur yang memudahkan penggunanya ketika melakukan pengolahan kata untuk menjadi dokumen. Data disimpan pada dokumen elektronik yang dapat dibuka, ditutup, disimpan, ataupun diedit kapan saja. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai macam koreksi sebelum data tersebut dicetak menjadi sebuah dokumen fisik.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites